Bukan Bunglon - Bilik Sastra
Headlines News :
Home » » Bukan Bunglon

Bukan Bunglon

Written By rumah karya on Selasa, 12 Oktober 2010 | 16.38

Jikalau lembaran sejarah kembali dibuka. Maka akan tampak goresan-goresan jasa semangat pejuang dalam mempertahankan, membela dan menyebarkan Islam.

Satu halaman dari perjuangan Nabi dalam membela Islam pada perang Badar. Lihatlah bagaimana Nabi melawan kaum Quraisy yang jumlahnya berlipat-lipat, satu banding tiga. Secara logika orang sehat, amat mustahil umat Islam akan menang. Tapi itulah kenyataannya, umat islam mengalahkannya.

Lihatlah satu halaman dari perjuangan Salahuddin al-Ayyuby. Bagaimana Salahuddin meneguk kemenangan ketika melawan pasukan Salib. Dimana pada masa sebelumnya belum ada yang bisa mengalahkan. Lihatlah Muhammad al-Fatih yang membuka Konstatinopel. Dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Kenapa mereka semua bisa melakukan itu? Jawabannya tidak lain, karena kekuatan iman yang terpancang di sanubari mereka.


Dengan keyakinan mereka pada Allah yang melangit; itulah yang menyebabkan mereka meneguk tetesan demi tetesan kemengan. Allah menurunkan bantuan, bak langit memuntahkan isi perutnya, bahkan lebih deras dari itu.
Kita juga (para penuntut ilmu) sama dengan mereka, sama-sama meperjuangkan, membela dan menyebarkan Islam. Yang membedakan hanyalah pedang dan pena. Mereka pedang yang diayun-ayunkan sedangkan kita pena yang digores-goreskan.

Mereka bisa meraih kemengan demi kemengan, kenapa dengan kita tidak? Kita juga bisa melakukan hal yang sama. Jikalau ada keinginan dari diri kita. Ketahuilah! Kemenangan tidak datang dengan sendirinya, jikalau bukan kita yang mencari kemenagan itu.

Peperangan termin satu baru saja berlalu. Dengan menyisakan sejuta hikmah dan pelajaran. Mungkin manis atau pahit, atau mungkin juga asam. Kita yang merasakan.
Jangan biarkan bara semangat yang menyala-nyala ketika imtihan, padam. Hanya dengan setetes nikmat liburan ataupun kesenangan. Kembali kobarkan, kembali nyalakan!

Bara yang paling kuat nyalanya akan padam, jika ia dibiarkan sendiri. Untuk mengembalikan nyalanya, harus disatukan kembali dengan yang lain. Semangat kita yang hampir padam, kembali nyalakan. Bergabung dengan mereka yang semangatnya masih menggebu. Insya Allah, semangat kita pun akan ikut menggebu seperti halnya mereka. Seperti halnya bara.

Catatan bagi kita! Kita bukanlah bunglon yang selalunya berubah di setiap tempat. Kita adalah kita. Orang akan merubah, bukan yang dirubah. Jangan sampai suasana liburan memadamkan bara kita. Jangan sampai suasana Mesir yang melenakan menggepengkan semangat kita yang dulu bulat.

Selesainya peperangan bukan berarti selesai pula tugas kita. Masih banyak peperangan yang akan dilalui. Bagaimana mungkin akan menang, jikalau tanpa persiapan, jikalau pedang yang tumpul tidak kembali diasah?

Pisang itu belum tentu berbuah lagi.
Jika kita kalah dalam pertempuran. Habis, tamatlah riwayat kita. Mumpung kesempatan itu masih ada, lakukan yang terbaik. Sebelum air mata penyesalan berguguran. Jangan sampi kalah sebagai pecundang. Tapi, jadilah pemenang!

Durian mungkin bila kita mengingkan, cukup ditunggu dibawah pohonnya. Tapi amat berbeda sekali dengan jengkol, bila kita menginginkannya, kita harus mengambil sendiri. Kesuksesan tidak datang dengan sendrinya. Tapi kita cari.

Yang menjadikan kita ulama bukanlah al-Azhar. Tapi diri kita sendiri. Al-Azhar hanyalah sebagai sarana. Jikalau tidak kita gunakan sarana tersebut sebaik-baik mungkin, percuma. Kita tidak akan bisa, kita tidak akan jadi ulama.

Semua kembali kepada kita. Kita yang menentukan derap langkah. Kekanankah, kekirikah, kedepankah atau kebelakangkah? Dan yang paling penting adalah mengambil hati empunya kesuksesan. Jangan kotori tugas suci ini dengan perbuatan nista, yang akan berakhir kecewa, putus asa dan berujung penyesalan.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Template Information

Label 6

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bilik Sastra - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template